Dapatkan diskon menarik sehubungan dengan promo di tahun 2014 di setiap pemesanan website melalui CS kami di 085777880960. KODE PROMO dapat diperoleh melalui pin Official Salatigaweb : 297101C7

Sebar Ikan di rawa Pening
Diposting oleh : salatigawebCom, - Dibaca: 322 kali

SALATIGA - Banyak yang tidak tahu, peringatan Hari Hak Asasi Binatang sebenarnya sudah sejak lama diperingati pecinta dan penyelamat lingkungan hidup. Ya, Hari Hak Asasi Binatang atau hewan jatuh setiap tanggal 15 Oktober. Inti dari peringatan tersebut adalah bagaimana melestarikan kehidupan hewan di mana saja.

Ini seperti yang dilakukan siswa kelas V SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga, Senin kemarin, dengan menggelar kegiatan penyelamatan lingkungan hewan dan habitatnya di sekitar Danau Rawapening, di wilayah Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Di lokasi Tempat Pelelangan Ikan dan objek wisata Bukit Cinta tersebut, puluhan siswa melepas ribuan bibit ikan mujahir ke Rawapening.

"Makna dari pelepasan ikan mujahir ini adalah untuk mengembalikan hewan itu ke habitat aslinya di danau. Untuk jangka panjang, ikan itu nanti akan bermanfaat bagi manusia pula," kata Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Plus Sutomo MAg didampingi guru kelas Wiwik Widyastuti.

Sejak Dini
Menurutnya, sejak dini anak dikenalkan untuk menghargai Hak Asasi Binatang agar bisa hidup di lingkungan aslinya.

Tidak hanya ikan mujahir, tetapi hewan lain juga memiliki hak hidup di alam, berdampingan dengan makhluk lainnya.

Setelah melepaskan ikan ke habitat aslinya, siswa mendapat tugas mengamati lingkungan sekitar.

Para siswa antusias mengamati berbagai tumbuhan yang ada di sekitar Rawapening. Siswa mendapat kesempatan bertanya kepada petani dan nelayan setempat.

Karena lokasi yang berdekatan dengan tambak, siswa diajak pula melihat budidaya ikan dan bagaimana cara pengelolaannya.

"Anak-anak diperkenalkan dengan lingkungan sekitar dan bagaimana cara menghargai binatang. Karena bagaimana pun binatang tetap makhluk Allah yang perlu dipelihara," imbuh Wiwik Widyastuti. (H2-85)


Sumber: http://epaper.suaramerdeka.com/index.php/read/epapers/2012/10/16






0 Komentar :


Masukkan 6 kode di atas :